Menag: Jangan Terjebak pada Topik Penambahan Kuota Jemaah Haji

Posted on

Liputan6.com, Gorontalo – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta seluruh pihak tidak terjebak pada isu penambahan kuota jemaah haji semata. Selama, kata dia, kondisi fasilitas di kota Mina, Arab Saudi, belum dibangun dan ditingkatkan daya tampungnya.

Menurut dia, secara ketentuan agama, wilayah Mina memang tidak bisa lagi diperluas untuk bisa menampung jemaah haji yang datang. Minimnya daya tampung di Mina ini menjadi salah satu persoalan yang tengah dihadapi oleh pemerintah Indonesia saat ini.
“Satu-satunya cara untuk meningkatkan daya tampung Mina, hanya ditingkatkan tenda tenda dan toilet-toiletnya, karena ini adalah dua kebutuhan mutlak setiap jemaah haji,” ucap Menag Lukman di Gorontalo, Kamis (12/10/2017).

Dia mengatakan, penambahan kuota yang tidak diikuti kebijakan prioritas dari pemerintah Arab Saudi untuk menambah daya tampung di Mina, hanya akan berakibat buruk bagi keselamatan jemaah haji Indonesia.

“Sehingga kita jangan terus menambah kuota, selama Mina ini tidak atau belum ditambah daya tampungnya. Sebab kalau itu terjadi, maka menambah kuota justru menimbulkan ancaman keselamatan jemaah haji kita,” kata Lukman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *