Kemenag Gelar Bedah Buku Ketika Allah Cemburu Ka’bah

Posted on

IHRAM.CO.ID,JAKARTA—Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama menggelar bedah buku karangan Helmi Hidayat, salah satu petugas haji 2018. Buku berjudul Ketika Allah Cemburu Ka’bah ini berisi kumpulan cerita dan pengalaman Helmi selama bertugas di Tanah Suci.

Menurut Muharram Marzuki, Kepala Pusat Litbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Balitbang Diklat Kemenag, meski buku ini dikemas secara ringan dan naratif, namun penulis mampu menampilkan cerita yang menarik untuk didalami.

Buku ini, kata dia, mengungkapkan kejadian yang nyata terjadi di lapangan, tanpa ada kesan memihak. Penulis, sambungnya, juga mampu menggambarkan kondisi dan situasi secara apik sehingga pembaca dapat terbawa suasana.

“Buku ini menceritakan cerita yang sering terlewatkan, misalnya bagaimana perjuangan para calon petugas haji untuk mendaftar, hingga kerja keras mereka selama bekerja di Arab Saudi,” katanya.

“Di sini tergambar mana yang benar-benar terjadi di lapangan, karena penulis juga terlibat langsung di dalamnya,” lanjut Marzuki.

Marzuki mengakui, selama ini Balitbang memang lebih banyak merilis buku-buku ilmiah yang berisi deretan hasil penelitian. Namun dia mengatakan, masyarakat juga perlu disuguhi buku narasi agar nilai-nilai yang tidak dapat diungkap dalam penelitian saintifik juga bisa didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *